Strategi Green Pip Martingale

Seperti yang sudah diketahui, pengertian martingale dalam forex adalah penggandaan lot atau open posisi untuk mendapatkan profit sekaligus menutup total kerugian dari transaksi sebelumnya. Strategi martingale bisa disebut juga sebagai strategi balas dendam, karena kerugian yang sebelumnya ingin cepat ditebus dengan membuka posisi baru disaat posisi lainnya masih dalam kondisi minus.

Strategi martingale memiliki rasio perbandingan profit loss yang tidak seimbang. Jika loss, resiko pada transaksi berikutnya akan selalu meningkat seiring dengan meningkatnya kerugian. Dalam ilmu money management, martingale bukanlah strategi yang baik.
Namun kali ini kita tidak membahas tentang martingale pada umumnya, tetapi kita akan membahas strategi Green Pip Martingale.

Apa itu Strategi Green Pip Martingale ?

Greep Pip martingale adalah kebalikan dari martingale pada umumnya. Martingale pada umumnya menambah open posisi disaat posisi sebelumnya masih dalam keadaan minus, tetapi dalam green pip martingale kita menambah open posisi di saat posisi sebelumnya sudah berada di daerah hijau, dan sudah di lock stoplossnya di daerah hijau juga.

Strategi Green Pip Martingale memiliki money management yang baik. Karena mempunyai rasio perbandingan profit nya lebih besar dari pada loss. Profit nya akan berlipat ganda dan resikonya lebih sedikit. Sebab saat membuka posisi baru, open posisi sebelumnya sudah berada didaerah hijau dan sudah dikunci dengan menggeser stoploss ke daerah hijau. Sehingga jika sudah mencapai titik ini, hanya ada 2 kemungkinan, yaitu profit dengan berlipat ganda, atau mengenai stoploss yang sudah didaerah hijau yang artinya juga mendapat profit namun sedikit.

Green pip martingale banyak dilakukan oleh trader profesional, mereka tidak akan mempertaruhkan marginnya dengan membuka lot besar dalam sekali order, tetapi mereka akan membukanya secara bertahap sesuai analisa mereka karena mereka selalu memperhitungkan seberapa besar resiko kerugian dalam setiap open posisinya.

Untuk bisa menerapkan strategi green pip martingale dalam pasar, tentu anda harus sudah menguasai ilmu teknikal gabungan dengan baik. Seperti support dan resistance, teori fibonacci, teori elliott wave, dan beberapa indikator sebagai sinyal tambahan.

 

charlie
Charlie Burton
“Kebanyakan novice trader berpikir tentang berapa banyak uang yang dapat dihasilkan dimana kebanyakan profesional trader fokus pada berapa banyak resiko uang yang hilang.”

Kalimat itu disampaikan oleh Charlie Burton saat ia di rumahnya dan sedang di wawancarai oleh BBC.

Charlie Burton adalah seorang trader profesional yang mempunyai pengalaman lebih dari tujuh belas tahun dalam menganalisa pasar.

Dari statement nya kita bisa mengetahui mengapa trader profesional bisa mendapat profit jangka panjang yang konsisten selama bertahun tahun. Tidak lain karena mereka mempunyai money management yang baik.

 


Dengan demikian anda telah mengetahui Strategi Green Pip Martingale. Tidak semua trader bisa menggunakan cara diatas karena setiap trader biasanya mempunyai cara kesukaannya yang berbeda beda. Informasi ini hanyalah masukan sebagai tips dan trick dalam menghadapi pasar. Semoga pembahasan diatas bisa menambah wawasan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × four =