Pola Harmonik atau XABCD Pattern

Harold Mckinley Gartley adalah pencipta pola harmonik / harmonic patterns atau disebut juga pola XABCD. Polanya terdiri dari lima titik pola grafik. Trader forex dapat menggambarnya secara manual pada platform trading anda seperti metatrader. Polanya membentuk empat garis yaitu XA, AB, BC, dan CD.

Pola XABCD dalam titik harga pada grafik menentukan titik tertinggi dan terendah yang signifikan. Ada empat macam pola XABCD yang paling umum. Pola ini disebut dengan pola butterfly (kupu kupu), pola gartley, pola crub (kepiting) dan pola bat (kelelawar). Sebelum mempelajari pola harmonik ini disarankan anda sudah menguasai penggunaan fibonacci retracement. Trader yang menggunakan pola harmonik ini dituntut untuk bisa jeli melihat suatu posisi baik versi bullish atau bearish pada pola grafik ABCD dan indikator fibonacci.

Pola Gartley

Pola Gartley atau 222 adalah nomor sebuah buku halaman Profit in the Stock Market. Ditemukan olahe Gartleys HM, Pola ini diawali pergerakan suatu tren yang jika dilihat sekilas seperti huruf M atau W. M untuk bullish dan W untuk bearish. Pola ini digunakan untuk menemukan titik keluar masuk nya pasar.

pola harmonik gartley

Kriteria nya adalah sebagai berikut:
– Panjang AB harus 0,618 retracement dari XA.
– Panjang BC harus 0,382 atau 0,886 retracement dari gerakan AB.
– Panjang CD harus 0,786 retracement dari XA

Pola Butterfly (Kupu-kupu)

Pencipta pola butterfly (kupu kupu) adalah Bryce Gilmore, pola ini dikatakan sempurna jika retracement 0.786 AB dari XA.

pola harmonik

Perhatikan gambar, panjang AB harus memantul di level 0.786 dari XA, panjang BC dapat di level 0.382 atau 0.886 dari AB. CD harus 1,27 atau 1,618 dari XA.

Pola Crab (Kepiting)

Penemunya adalah Scott Carney, pola crab / kepiting adalah salah satu pola harmonik. Kriterianya sebagai berikut:

pola harmonik crab

– Panjang AB harus 0,382 atau 0,618 retracement dari panjang XA.
– Panjang BC dapat berupa 0,382 atau 0,886 retracement panjang AB.
– CD harus 1,618 dari panjang XA.

Pola Bat (Kelelawar)

Pola lain dari harmonic adalah pola kelelawar atau Bat, ditemukan pada tahun 2001 oleh Scott Carney. Pola ini didefinisikan retracement 0.886 dari XA bergerak sebagai daerah potensi reversal. Kriteria nya sebagai berikut:

pola harmonik bat

– Panjang AB harus 0.382 atau 0.5 dari XA
– BC harus 0.382 atau 0.886 dari AB
– CD harus 0.886 retracement dari XA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty − 2 =