Mengenal karakteristik pair

Berikut ini beberapa karakteristik pair yang menjadi perhatian banyak trader, dengan mengetahui karakter tiap pair kita bisa mengetahui besar resiko trading dari pair tersebut.

karakteristik pair

GBP/USD

GBP/USD adalah pair yang berpotensi paling banyak pergerakan pip per harinya dibandingkan pair lainnya. Rata rata perharinya bisa mencapai 100 pip lebih, ditambah jika ada berita fundamental yang berkaitan dengan mata uang GBP, pergerakannya akan semakin agresif. pair ini cocok bagi trader yang suka mengambil keuntungan dengan gelombang yang besar.

EUR/USD

EUR/USD mempunyai karakter pergerakan cenderung lebih lambat dibanding GBP/USD, Rata rata perharinya mencapai puluhan pip saja, kecuali ada berita high impact yang sanggup menggerakan EUR/USD menjadi agresif. EUR/USD cocok dipilih bagi trader yang suka dengan gelombang yang lebih kecil dari GBP/USD. Berita yang sering muncul berkaitan dengan EUR/USD biasanya muncul di sore hari sampai malam hari WIB.

AUD/USD

Berbeda dengan EUR/USD dan GBP/USD yang cenderung lebih aktif disore dan malam hari, AUD/USD cenderung lebih aktif di pagi hari (WIB), karena pair ini termasuk di sesi sydney, dan di sesi tokyo akan kembali sepi sampai sesi new york buka maka akan kembali ramai. Berita berita yang muncul yang berhubungan dengan AUD biasa muncul dipagi hari, meski sore dan malam hari juga ada. Tetapi jika berita high impact nya dirilis pagi hari sekitar jam 7 – 8 pagi maka pergerakannya bisa menembus 160 pip hanya dalam beberapa detik saja. Trader yang trading di pair ini akan lebih aktif mengawasi pergerakan pasar di pagi hari dan malam hari.

USD/JPY

Pair USD/JPY aktif di sesi tokyo dan sesi new york, namun di sesi tokyo tepat nya saat siang hari (WIB) bergerak cenderung lambat jika tidak ada berita, pair ini akan bergerak agresif saat malam hari tepat nya saat sesi new york buka, ditambah jika ada berita fundamental yang berhubungan dengan USD maka pergerakannya akan menciptakan gelombang yang besar.

Itulah 4 karakteristik pair yang dapat menjadi pertimbangan untuk trading. Keempat pair ini cenderung lebih dipilih banyak trader karena mempunyai spread yang kecil jika dibandingkan dengan pair yang lain, ditambah tiap mata uang nya cenderung stabil, sehingga pergerakannya menjadi fluktuatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eight + 5 =