Fungsi Trailing Stop dan cara memasangnya

Trailing stop adalah salah satu fitur yang disediakan oleh platform metatrader4. Pernahkah anda dalam aktifitas trading anda mengalami kejadian posisi order anda sudah berada di area profit dan hampir menyentuh take profit tapi ternyata tidak jadi tersentuh dan kemudiah harga justru berbalik arah hingga akhirnya menyentuh stop loss anda ? Jika pernah tentunya akan sangat mengesalkan, terlebih jika sudah ditunggu berhari hari. Maka dari itu dibuatlah fitur trailing stop

Fungsi Trailing stop

Fungsi trailing stop adalah untuk mengunci posisi profit anda dengan menggeser posisi stop loss secara otomatis. Dengan fitur ini anda tidak perlu lagi menggeser stop loss secara manual ketika posisi sudah jauh berada di profit.

Jika anda mengaktifkan fitur ini dan order posisi buy, maka posisi stoploss anda akan terus bergerak naik mendekati harga sekarang pada jarak tertentu. Dan jika posisi nya adalah sell, maka stoploss nya akan terus bergerak turun mendekati harga sekarang. Keuntungan menggunakan fitur ini adalah jika harga berbalik arah ketika posisinya sudah diarea hijau / area profit dan menyentuh stoploss, maka balance di akun anda tidak akan berkurang melainkan tetap bertambah walau sedikit. karena stoploss nya sudah dikunci diarea profit.

Bagaimana cara menggunakannya ?

Pada platform metatrader4 anda dibagian terminal, arahkan kursor anda pada posisi order yang mau diaktifkan trailing stop nya, kemudian klik kanan, dan pilih fitur trailing stop.

fungsi trailing stop

Pada fungsi trailing stop terdapat pilihan untuk mengatur jarak pip nya, pada setting defaultnya terdapat pilihan minimal 15 pip, 20 pip, 25 pip, hingga 50 pip. Anda juga dapat mengatur manual pada pilihan custom.

Gunakanlah fitur trailing stop untuk menghindari pembalikan arah secara berlebih, fitur ini tidak cocok digunakan jika sedang scalping karena jarak yang terlalu pendek dapat mengenai stoploss anda karena gerakan pasar dalam perjalanannnya cenderung berfluktuasi, gunakanlah ketika mempunyai target take profit yang jauh atau sesuai pertimbangan anda agar tidak merugikan.

Demikian penjelasan mengenai pengertian dan fungsi trailing stop pada platform trading anda untuk alat bantu trading forex.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 − eight =